Langsung ke konten utama

1.4.a.8. Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

 



Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata (Download)

Judul :  Menumbuhkan budaya pelibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar mata pelajaran ekonomi melalui gerakan Edu-konomi

 

Nama : Muhammad Fachrur Rozi, S.Pd, M.Pd

 

Latar Belakang

Keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh seorang guru saja, perlu dukungan dan keterlibatan orang tua di dalamnya. Seperti yang dikatakan KHD bahwa pusat pendidikan itu ada tiga yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas dari ketiga unsur tersebut untuk mewujudkan keberhasilan sebuah pendidikan.

 

Peran orang tua sangat penting dalam mendampingi belajar anaknya. Ada tiga peran orang tua yang dapat dilakukan yaitu; 1) membantu anak belajar, 2) memotivasi anak, dan 3) memantau perkembangan belajar anak. Keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak di dalam belajar merupakan motivasi tersendiri bagi anak. Anak-anak akan belajar sungguh-sungguh dan bersemangat apabila ada dukungan penuh dari orang tuanya.

 

 

Linimasa Tindakan yang akan dilakukan

1.       Berkoordinasi dengan kepala sekolah terkait pelaksanaan aksi nyata.

2.       Menyusun instrumen pelaksanaan aksi nyata.

3.       Menyiapakan alat dan bahan yang diperlukan.

4.       Mendiseminasikan gerakan Edu-konomi kepada orang tua siswa.

5.       Pelaksanaan gerakan Edu-konomi oleh walimurid di rumah masing-masing.

6.       Pengumpulan instrumen dan dokumentasi.

7.       Menyusun laporan.



Download

Tujuan

1.       Untuk menumbuhkan budaya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar.

2.       Untuk meningkatkan hubungan baik antara guru, siswa, dan orang tua.

3.       Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid.

4.       Untuk mewujudkan visi murid merdeka dan merdeka belajar.

 

Tolok Ukur

1.       Wali murid mau dan mampu mendampingi anaknya dalam belajar ekonomi.

2.       Murid dapat memahami materi pelajaran ekonomi dengan baik.

3.       Terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid.

4.       Terwujudnya visi murid merdeka dan merdeka belajar.

Dukungan yang dibutuhkan

1.       Kepala sekolah mendukung kegiatan yang dilakukan Guru

2.       Kolaborasi antar guru

3.       Wali murid

4.       Infrastruktur jaringan

 Download

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Probolinggo

  Pada tanggal 24 Juni 2024 kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 11 kabupaten Probolinggo dilaksanakan yang bertempat di SMPN 2 Kraksaan. Berikut adalah catatan kegiatan Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 11 kabupaten Probolinggo. LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA ORIENTASI   Peserta Pada Lokakarya Orientasi kali ini bertempat di SMPN 2 Kraksaan dengan jumlah peserta dari unsur Penanggung Jawab Kegiatan (BBGP Jatim), Pengajar Praktik sejumlah 11 orang, Calon Guru Penggerak, panitia pelaksana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo dan cabang dinas Pendidikan wilayah Probolinggo, Kepala Sekolah, Pengawas serta Pemonev dari BBGP Jawa Timur.  Pada Lokakarya Orientasi hari kedua ini dibagi menjadi 4 kelas yaitu kelas Probolinggo 6, Probolinggo 7, Probolinggo 8 dan Probolinggo 9. Aktivitas pembelajaran Aktivitas pembelajaran untuk Lokakarya Orientasi dengan  agenda sebagai berikut: Pembukaan Pembukaan dilakukan oleh Ba...

1.4.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.4

  KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4  Muhammad Fachrur Rozi      A     Kesimpulan Setelah mempelajari Modul 1, mulai dari modul 1.1 tentang filosofi dan pemikiran KHD, modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, modul 1.3 tentang visi guru penggerak, dan modul 1.4 tentang budaya disiplin positif, saya menyadari bahwa menjadi seorang pendidik merupakan profesi yang luar biasa sekaligus beban dengan tugas dan tanggung jawab yang besar pula, mengapa? karena seorang pendidik memiliki peran besar untuk menuntun seorang anak untuk menemukan kebahagian dan keselamatan dirinya sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Proses menuntun ini menjadi kunci dalam mendidik murid, di mana seorang guru hendaknya dapat menuntun tumbuh hidup anak sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya, bukan merubah kodrat dasar anak. Ibarat menanam padi kita tidak dapat merubah tanaman padi berbuah jagung, namun kita dapat mengharapkan lahirnya padi yang kuat...

Educational Journal

  The purpose of the  International Journal of Educational Development  is to report new insight and foster critical debate about the role that  education plays in  development . Aspects of development with which the journal is concerned include economic growth and poverty reduction; human development, well being, the availability of human rights; democracy, social cohesion and peace-building; resilience and environmental sustainability......   Click Here