Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata (Download)
Judul : Menumbuhkan budaya pelibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar mata pelajaran ekonomi melalui gerakan Edu-konomi
Nama : Muhammad Fachrur Rozi, S.Pd, M.Pd
Latar
Belakang Keberhasilan
pendidikan tidak hanya ditentukan oleh seorang guru saja, perlu dukungan dan
keterlibatan orang tua di dalamnya. Seperti yang dikatakan KHD bahwa pusat
pendidikan itu ada tiga yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena
itu, diperlukan sinergitas dari ketiga unsur tersebut untuk mewujudkan
keberhasilan sebuah pendidikan. Peran orang
tua sangat penting dalam mendampingi belajar anaknya. Ada tiga peran orang
tua yang dapat dilakukan yaitu; 1) membantu anak belajar, 2) memotivasi anak,
dan 3) memantau perkembangan belajar anak. Keterlibatan orang tua dalam
mendampingi anak di dalam belajar merupakan motivasi tersendiri bagi anak.
Anak-anak akan belajar sungguh-sungguh dan bersemangat apabila ada dukungan
penuh dari orang tuanya. |
Linimasa
Tindakan yang akan dilakukan 1.
Berkoordinasi dengan
kepala sekolah terkait pelaksanaan aksi nyata. 2.
Menyusun instrumen
pelaksanaan aksi nyata. 3.
Menyiapakan alat dan
bahan yang diperlukan. 4.
Mendiseminasikan gerakan Edu-konomi
kepada orang tua siswa. 5.
Pelaksanaan gerakan Edu-konomi
oleh walimurid di rumah masing-masing. 6.
Pengumpulan instrumen dan
dokumentasi. 7.
Menyusun laporan. |
Tujuan 1.
Untuk menumbuhkan budaya
keterlibatan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar. 2.
Untuk meningkatkan
hubungan baik antara guru, siswa, dan orang tua. 3.
Untuk mewujudkan
pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid. 4.
Untuk mewujudkan visi
murid merdeka dan merdeka belajar. |
|
Tolok Ukur 1.
Wali murid mau dan mampu
mendampingi anaknya dalam belajar ekonomi. 2.
Murid dapat memahami
materi pelajaran ekonomi dengan baik. 3.
Terwujudnya pembelajaran
yang menyenangkan dan berpihak pada murid. 4.
Terwujudnya visi murid
merdeka dan merdeka belajar. |
Dukungan
yang dibutuhkan 1.
Kepala sekolah mendukung
kegiatan yang dilakukan Guru 2.
Kolaborasi antar guru 3.
Wali murid 4.
Infrastruktur jaringan |
Komentar
Posting Komentar