Langsung ke konten utama

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 



  1. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang? Pengalaman pada masa SMA itu menjadi bekal berharga bagi saya harus lebih disiplin dalam belajar serta harus bisa menghargai orang lain. Karena seseorang memiliki karakter berbeda, maka kita harus menghargai perbedaan tersebut.
  2. Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia? Peran seorang guru pada saat anak masih usia sekolah kita melihat grafik yang naik, artinya Guru punya peran besar untuk bisa Memberi tauladan, menuntun, mendorong dan memotivasi siswa supaya bisa menghasilkan karya terbaik, menghasilkan momen dalam kehidupannya yang terbaik, pengalaman hidup yang baik yang bisa dipakai bekal untuk usia produktif (usia kerja) nantinya. Seorang anak yang pada usia sekolahnya menyenangkan, bisa mengembangkan minat dan bakatnya maka akan menjadi pribadi yang produktif di usia kerjanya, pribadi yang dapat membangun bangsa ini untuk menjadi lebih maju. Jadi Guru jangan sampai mematahkan semangat, tidak mengapresiasi karya siswa, siswa akan merekam itu dalam otaknya, bisa menjadi trauma mendalam yang menyebabkan hal negatif terjadi pada masa depan usia produktifnya.
  3. Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna. Kalimat yang menggambarkan sebagai seorang Guru adalah Guru adalah Tauladan bagi murid, begitu pun murid merupakan cermin bagi guru untuk terus belajar agar bisa menjadi tauladan yang baik, bisa memberikan pembelajaran yang bermakna, sehingga murid mempunyai motivasi hidup yang luar biasa kedepannya. 
Ini adalah tugas Pendidikan Pelatihan Guru Penggerak pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada tugas pertama : Mulai dari Diri, kita di minta untuk membuat trapesium usia yang berisi usia sekolah kita, dan diminta untuk menyebutkan 2 peristiwa yang paling kita ingat terdiri dari peristiwa positif dan negatif, kemudian di minta untuk menuliskan usia kita saat ini dan kita menghitung selisih usia sekarang dengan usia pada waktu peristiwa tersebut terjadi. Salam Guru Penggerak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Probolinggo

  Pada tanggal 24 Juni 2024 kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 11 kabupaten Probolinggo dilaksanakan yang bertempat di SMPN 2 Kraksaan. Berikut adalah catatan kegiatan Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 11 kabupaten Probolinggo. LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA ORIENTASI   Peserta Pada Lokakarya Orientasi kali ini bertempat di SMPN 2 Kraksaan dengan jumlah peserta dari unsur Penanggung Jawab Kegiatan (BBGP Jatim), Pengajar Praktik sejumlah 11 orang, Calon Guru Penggerak, panitia pelaksana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo dan cabang dinas Pendidikan wilayah Probolinggo, Kepala Sekolah, Pengawas serta Pemonev dari BBGP Jawa Timur.  Pada Lokakarya Orientasi hari kedua ini dibagi menjadi 4 kelas yaitu kelas Probolinggo 6, Probolinggo 7, Probolinggo 8 dan Probolinggo 9. Aktivitas pembelajaran Aktivitas pembelajaran untuk Lokakarya Orientasi dengan  agenda sebagai berikut: Pembukaan Pembukaan dilakukan oleh Ba...

PROFIL DIRI Calon Guru Penggerak

Tergerak Bergerak Menggerakkan...... Mohon izin saya memperkenalkan diri sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan 7. Pendidikan guru penggerak yang seolah menghidupkan kembali ghiroh sebagai seorang pendidik. Apalagi setelah melakukan aksi nyata banyak sekali hati ini tersadarkan. Oh mungkin kondisi seperti inilah yang diharapkan oleh murid selama ini. Mereka merasa dihargai dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi serta tersentuh dengan integrasi sosial emosional dalam pembelajaran. Keberadaan dan peran mereka merasa dihargai dengan konsep penanaman budaya positif kesepakatan kelas. Segala harapan, cita-cita dan kenginingan mereka tentang konsep kelas ideal dapat terakomodir.  Dan mereka mempunyai keyakinan dan kepercayaan penuh memiliki kekuatan/potensi, yang dengan potensi itu mereka mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahannya sendiri. Guru hanya sebagai coach yang berperan melejitkan potensi mereka miliki. Terpilih sebagai peserta pendidikan guru penggerak itu anugerah k...

Aksi Nyata - Penerapan Coaching dalam Kegiatan Supervisi Akademik

  Coaching untuk Supervisi Akademik memberikan ruang bagi Anda untuk berlatih membangun komunikasi yang empatik dan memberdayakan sebagai Pemimpin Pembelajaran dan Kepala Sekolah dalam membuat perubahan strategis yang mampu menggerakan komunitas sekolah pada ekosistem belajar Anda. Perubahan strategis yang sejalan semangat Merdeka Belajar untuk meningkatkan kualitas kurikulum (standar isi-standar proses-standar penilaian) yang bermakna dan kualitas sumber daya guru dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid pada Satuan Pendidikan di sekolah dan daerah Anda. Berikut ini merupakan aksi nyata kegiatan Coaching yang dilaksanakan dalam Pendidikan Guru Penggerak meliputi Pra observasi, observasi kelas dan pasca observasi. Perjalanan Anda tidak berhenti sampai disini untuk menjadi  coach  handal bagi rekan sejawat Anda. Silahkan bereksplorasi, bereksperimen untuk mengasah paradigma berpikir dan keterampilan  coaching  Anda. Silahkan...