Langsung ke konten utama

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 



  1. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang? Pengalaman pada masa SMA itu menjadi bekal berharga bagi saya harus lebih disiplin dalam belajar serta harus bisa menghargai orang lain. Karena seseorang memiliki karakter berbeda, maka kita harus menghargai perbedaan tersebut.
  2. Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia? Peran seorang guru pada saat anak masih usia sekolah kita melihat grafik yang naik, artinya Guru punya peran besar untuk bisa Memberi tauladan, menuntun, mendorong dan memotivasi siswa supaya bisa menghasilkan karya terbaik, menghasilkan momen dalam kehidupannya yang terbaik, pengalaman hidup yang baik yang bisa dipakai bekal untuk usia produktif (usia kerja) nantinya. Seorang anak yang pada usia sekolahnya menyenangkan, bisa mengembangkan minat dan bakatnya maka akan menjadi pribadi yang produktif di usia kerjanya, pribadi yang dapat membangun bangsa ini untuk menjadi lebih maju. Jadi Guru jangan sampai mematahkan semangat, tidak mengapresiasi karya siswa, siswa akan merekam itu dalam otaknya, bisa menjadi trauma mendalam yang menyebabkan hal negatif terjadi pada masa depan usia produktifnya.
  3. Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna. Kalimat yang menggambarkan sebagai seorang Guru adalah Guru adalah Tauladan bagi murid, begitu pun murid merupakan cermin bagi guru untuk terus belajar agar bisa menjadi tauladan yang baik, bisa memberikan pembelajaran yang bermakna, sehingga murid mempunyai motivasi hidup yang luar biasa kedepannya. 
Ini adalah tugas Pendidikan Pelatihan Guru Penggerak pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada tugas pertama : Mulai dari Diri, kita di minta untuk membuat trapesium usia yang berisi usia sekolah kita, dan diminta untuk menyebutkan 2 peristiwa yang paling kita ingat terdiri dari peristiwa positif dan negatif, kemudian di minta untuk menuliskan usia kita saat ini dan kita menghitung selisih usia sekarang dengan usia pada waktu peristiwa tersebut terjadi. Salam Guru Penggerak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Probolinggo

  Pada tanggal 24 Juni 2024 kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 11 kabupaten Probolinggo dilaksanakan yang bertempat di SMPN 2 Kraksaan. Berikut adalah catatan kegiatan Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 11 kabupaten Probolinggo. LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA ORIENTASI   Peserta Pada Lokakarya Orientasi kali ini bertempat di SMPN 2 Kraksaan dengan jumlah peserta dari unsur Penanggung Jawab Kegiatan (BBGP Jatim), Pengajar Praktik sejumlah 11 orang, Calon Guru Penggerak, panitia pelaksana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo dan cabang dinas Pendidikan wilayah Probolinggo, Kepala Sekolah, Pengawas serta Pemonev dari BBGP Jawa Timur.  Pada Lokakarya Orientasi hari kedua ini dibagi menjadi 4 kelas yaitu kelas Probolinggo 6, Probolinggo 7, Probolinggo 8 dan Probolinggo 9. Aktivitas pembelajaran Aktivitas pembelajaran untuk Lokakarya Orientasi dengan  agenda sebagai berikut: Pembukaan Pembukaan dilakukan oleh Ba...

1.4.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.4

  KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.4  Muhammad Fachrur Rozi      A     Kesimpulan Setelah mempelajari Modul 1, mulai dari modul 1.1 tentang filosofi dan pemikiran KHD, modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, modul 1.3 tentang visi guru penggerak, dan modul 1.4 tentang budaya disiplin positif, saya menyadari bahwa menjadi seorang pendidik merupakan profesi yang luar biasa sekaligus beban dengan tugas dan tanggung jawab yang besar pula, mengapa? karena seorang pendidik memiliki peran besar untuk menuntun seorang anak untuk menemukan kebahagian dan keselamatan dirinya sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Proses menuntun ini menjadi kunci dalam mendidik murid, di mana seorang guru hendaknya dapat menuntun tumbuh hidup anak sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya, bukan merubah kodrat dasar anak. Ibarat menanam padi kita tidak dapat merubah tanaman padi berbuah jagung, namun kita dapat mengharapkan lahirnya padi yang kuat...

Educational Journal

  The purpose of the  International Journal of Educational Development  is to report new insight and foster critical debate about the role that  education plays in  development . Aspects of development with which the journal is concerned include economic growth and poverty reduction; human development, well being, the availability of human rights; democracy, social cohesion and peace-building; resilience and environmental sustainability......   Click Here