Era Revolusi 4.0 membuat guru harus segera berbenah agar mampu mengikuti perkembangan zaman. Guru dituntut pula menguasai teknologi komunikasi dan informasi dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat melaksanakan inovasi dalam pembelajaran. Dengan adanya perkembangaan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak positif bagi dunia pendidikan.
Sistem pembelajaran yang dilakukan oleh guru di era digital ini menjadi penuh inovasi dengan berbasis TIK. Pembelajaran yang awalnya konvensional menjadi modern dengan berbasis teknologi, seperti pengajaran maya (e-learning) dengan penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran. Hal ini membuat sistem pembelajaran konvensional dengan interaksi muka antara guru dengan siswa menjadi pembelajaran berbasis internet yang tidak terbatas dalam ruang dan waktu, kapan saja, dimana saja, dan siapa saja bisa belajar.
Berikut saya sajikan contoh hasil dari karya siswa .......
Mari berkarya.............. dan jangan lupa berbagi pengalaman.......
Sistem pembelajaran yang dilakukan oleh guru di era digital ini menjadi penuh inovasi dengan berbasis TIK. Pembelajaran yang awalnya konvensional menjadi modern dengan berbasis teknologi, seperti pengajaran maya (e-learning) dengan penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran. Hal ini membuat sistem pembelajaran konvensional dengan interaksi muka antara guru dengan siswa menjadi pembelajaran berbasis internet yang tidak terbatas dalam ruang dan waktu, kapan saja, dimana saja, dan siapa saja bisa belajar.
Namun guru tidak mutlak harus menguasai teknologi komunikasi dan informasi secara detail. Intinya, seorang guru bisa belajar bersama siswa dalam memanfaatkan TIK yang tepat guna. Dengan demikian apa yang menjadi tantangan pembelajaran dalam abad ini bisa terjawab.
Tantangan dalam pembelajaran abad 21 yaitu
- Pendidikan fokus pada pembentukan karakter dan kepemimpinan
- Multi kultural-multi bahasa
- IT dan berbasis pengetahuan : generasi Z – Alpha
- Peduli perubahan iklim – perubahan global
- Pola pikir wirausaha : berbasis kreativitas – kinerja
- Membangun komunitas pemelajar
Di sini saya mencoba memberikan contoh bagaimana memanfaatkan IT dalam pembelajaran. Yang perlu kita bersama pahami terlebih dahulu yaitu siswa-siswi kita saat ini merupakan generasi yang sangat familiar dalam penggunaan gawai maupun smartphone. Maka kita sebagai guru hanya perlu membuat konsep saja, selanjutnya berikan keleluasaan siswa kita berimajinasi dan berinovasi dalam menerjemahkan konsep kita.
Ya..... hasil karya siswa di atas hanya sebuah video..... yaitu video sebagai media presentasi dari salah satu materi pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA.
Saya meyakini sahabat guru memiliki banyak sekali konsep yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran yang mengintegrasikan IT.
Mari berkarya.............. dan jangan lupa berbagi pengalaman.......
Komentar
Posting Komentar