Langsung ke konten utama

Guru menjawab tantangan pembelajaran abad ini

Era Revolusi 4.0 membuat guru harus segera berbenah agar mampu mengikuti perkembangan zaman. Guru dituntut pula menguasai teknologi komunikasi dan informasi dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat melaksanakan inovasi dalam pembelajaran. Dengan adanya perkembangaan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak positif bagi dunia pendidikan. 

Sistem pembelajaran yang dilakukan oleh guru di era digital ini menjadi penuh inovasi dengan berbasis TIK. Pembelajaran yang awalnya konvensional menjadi modern dengan berbasis teknologi, seperti pengajaran maya (e-learning) dengan penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran. Hal ini membuat sistem pembelajaran konvensional dengan interaksi muka antara guru dengan siswa menjadi pembelajaran berbasis internet yang tidak terbatas dalam ruang dan waktu, kapan saja, dimana saja, dan siapa saja bisa belajar. 


Namun guru tidak mutlak harus menguasai teknologi komunikasi dan informasi secara detail. Intinya, seorang guru bisa belajar bersama siswa dalam memanfaatkan TIK yang tepat guna. Dengan demikian apa yang menjadi tantangan pembelajaran dalam abad ini bisa terjawab.


Tantangan dalam pembelajaran abad 21 yaitu

  • Pendidikan fokus pada pembentukan karakter dan kepemimpinan
  • Multi kultural-multi bahasa
  • IT dan berbasis pengetahuan : generasi Z – Alpha
  • Peduli perubahan iklim – perubahan global
  • Pola pikir wirausaha : berbasis kreativitas – kinerja
  • Membangun komunitas pemelajar
Di sini saya mencoba memberikan contoh bagaimana memanfaatkan IT dalam pembelajaran. Yang perlu kita bersama pahami terlebih dahulu yaitu siswa-siswi kita saat ini merupakan generasi yang sangat familiar dalam penggunaan gawai maupun smartphone. Maka kita sebagai guru hanya perlu membuat konsep saja, selanjutnya berikan keleluasaan siswa kita berimajinasi dan berinovasi dalam menerjemahkan konsep kita. 

Berikut saya sajikan contoh hasil dari karya siswa .......





Ya..... hasil karya siswa di atas hanya sebuah video..... yaitu video sebagai media presentasi dari salah satu materi pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA.


Saya meyakini sahabat guru memiliki banyak sekali konsep yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran yang mengintegrasikan IT. 


Mari berkarya.............. dan jangan lupa berbagi pengalaman....... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Probolinggo

  Pada tanggal 24 Juni 2024 kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 11 kabupaten Probolinggo dilaksanakan yang bertempat di SMPN 2 Kraksaan. Berikut adalah catatan kegiatan Lokakarya Orientasi PPGP Angkatan 11 kabupaten Probolinggo. LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA ORIENTASI   Peserta Pada Lokakarya Orientasi kali ini bertempat di SMPN 2 Kraksaan dengan jumlah peserta dari unsur Penanggung Jawab Kegiatan (BBGP Jatim), Pengajar Praktik sejumlah 11 orang, Calon Guru Penggerak, panitia pelaksana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo dan cabang dinas Pendidikan wilayah Probolinggo, Kepala Sekolah, Pengawas serta Pemonev dari BBGP Jawa Timur.  Pada Lokakarya Orientasi hari kedua ini dibagi menjadi 4 kelas yaitu kelas Probolinggo 6, Probolinggo 7, Probolinggo 8 dan Probolinggo 9. Aktivitas pembelajaran Aktivitas pembelajaran untuk Lokakarya Orientasi dengan  agenda sebagai berikut: Pembukaan Pembukaan dilakukan oleh Ba...

PROFIL DIRI Calon Guru Penggerak

Tergerak Bergerak Menggerakkan...... Mohon izin saya memperkenalkan diri sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan 7. Pendidikan guru penggerak yang seolah menghidupkan kembali ghiroh sebagai seorang pendidik. Apalagi setelah melakukan aksi nyata banyak sekali hati ini tersadarkan. Oh mungkin kondisi seperti inilah yang diharapkan oleh murid selama ini. Mereka merasa dihargai dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi serta tersentuh dengan integrasi sosial emosional dalam pembelajaran. Keberadaan dan peran mereka merasa dihargai dengan konsep penanaman budaya positif kesepakatan kelas. Segala harapan, cita-cita dan kenginingan mereka tentang konsep kelas ideal dapat terakomodir.  Dan mereka mempunyai keyakinan dan kepercayaan penuh memiliki kekuatan/potensi, yang dengan potensi itu mereka mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahannya sendiri. Guru hanya sebagai coach yang berperan melejitkan potensi mereka miliki. Terpilih sebagai peserta pendidikan guru penggerak itu anugerah k...

Aksi Nyata - Penerapan Coaching dalam Kegiatan Supervisi Akademik

  Coaching untuk Supervisi Akademik memberikan ruang bagi Anda untuk berlatih membangun komunikasi yang empatik dan memberdayakan sebagai Pemimpin Pembelajaran dan Kepala Sekolah dalam membuat perubahan strategis yang mampu menggerakan komunitas sekolah pada ekosistem belajar Anda. Perubahan strategis yang sejalan semangat Merdeka Belajar untuk meningkatkan kualitas kurikulum (standar isi-standar proses-standar penilaian) yang bermakna dan kualitas sumber daya guru dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid pada Satuan Pendidikan di sekolah dan daerah Anda. Berikut ini merupakan aksi nyata kegiatan Coaching yang dilaksanakan dalam Pendidikan Guru Penggerak meliputi Pra observasi, observasi kelas dan pasca observasi. Perjalanan Anda tidak berhenti sampai disini untuk menjadi  coach  handal bagi rekan sejawat Anda. Silahkan bereksplorasi, bereksperimen untuk mengasah paradigma berpikir dan keterampilan  coaching  Anda. Silahkan...